Wednesday, November 30, 2011

Tulisan 2 - Pengantar Bisnis


Salah Satu Franchising di Indonesia “McDonald’s”
1.      Franchising yang berhasil di Indonesia
Salah satu franchising yang cukup berhasil di Indonesia adalah McDonald’s yang lebih kita kenal dengan sebutan Mekdi. McDonald's merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Restoran McDonald’s pertama di Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur McDonald's Indonesia. Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald's dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991, restoran McDonald's di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crew dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam 10 tahun ini dinilai sangat cepat. Sampai saat ini restoran McDonald's Indonesia telah berjumlah 109 restoran dengan jumlahkaryawan seluruhnya mencapai sekitar 8000 orang yang sebagian besar lulusan SLTA. 

Tujuan didirikannya McDonald’s Indonesia tidak berbeda dengan tujuan dari McDonald’s internasional, yaitu
        i.            Mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran
      ii.            Brand McDonald's menjangkau siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis
    iii.            McDonald's dapat menjadi tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia
    iv.            Restoran cepat saji dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial
      v.            Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam
    vi.            Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan
  vii.            Brand pada bisnis franchising yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan
 
Tapi ada perbedaan dari kebanyakan restoran McDonald’s di luar negeri, McDonald’s juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia.

Beberapa menu yang ditawarkan McDonald’s Indonesia, seperti :

Menu Mantap :
Beef Burger + Reg. Fries + Reg. Drink    Rp. 15.000
Crisp Chicken + Reg Drink / Reg LemonTea + Rice    Rp. 15.000
Hot Chicken + Reg Drink / Reg Lemon Tea + Rice    Rp. 15.000

Menu Panas :
Rice    Rp. 3,000
1 Crispy Chicken + M.Drink + Rice    Rp. 19,600
1 Crispy Chiken + Egg + Rice + Med Drink    Rp. 23,800
1 Hot Chicken + M.Drink + Egg + Rice    Rp. 23,800
1 Crispy Chicken + M.Drink + Egg + Soup + Rice    Rp. 28,400
1 Hot Chicken + M.Drink + Egg + Soup + Rice    Rp. 28,400
MY PANAS 1 Hot Chicken + M.Drink + Rice    Rp. 19,600

Menu PAHE :
Cheeseburger + M. Drink + M. Fries    Rp. 30,600
Mcchicken + M.Drink + M.Fries    Rp. 32,800
Fillet + M.Drink + M.Fries    Rp. 32,800
BigMac + M.Drink + M.Fries    Rp. 36,600
DoubleCheese + M.Drink + M.Fries    Rp. 35,900
6 Nugget + Med Fries + Med Drink    Rp. 30,800

Menu MY PAHE LARGE :
6 Nugget + Large Fries + Large Drink    Rp. 33,300
Cheeseburger + Large Fries + Large Drink    Rp. 33,100
McChicken + Large Fries + Large Drink    Rp. 35,300
Fillet O Fish + Large Fries + Large Drink    Rp. 35,300
Bigmac + Large Fries + Large Drink    Rp. 39,100
DoubleCheeseburger + Large Fries + Large Drink    Rp. 38,400
Tripple CheersBurger + Large Fries + large Drink    Rp. 44,500

Menu Happy Meal :
Happy Meal : Cheeseburger + R.Drink + Toy    Rp. 23,100
Happy Meal : 4 Nugget + R.Drink + Toy    Rp. 23,600
Happy Meal : 1 Crispy Chicken + R.Drink + Toy    Rp. 21,400
Happy Meal : Spaghetty + R.Drink + Toy    Rp. 20,800

Menu Paket Gourmet :
Gourmet Wrap + Med Drink + Med Fries    Rp. 33,000
Gourmet Wrap + Large Drink + Large Fries    Rp. 35,500

Menu Chicken McD 1 :
2 Crispy Chicken + Rice +M Drink    Rp. 28,600
2 Hot Chicken + Rice +M Drink    Rp. 28,600

Menu Chicken McD 2 :
2 Crispy Chicken + Large Fries + Large Drink    Rp. 37,900
2 Hot Chicken + Large Fries + Large Drink    Rp. 37,900
2 Crispy Chicken + M.Drink + M.Fries    Rp. 35,400
2 Hot Chicken + M.Drink + M.Fries    Rp. 35,400

Menu Chicken McD :
2 Hot Chicken    Rp. 22,600
2 Crispy Chicken    Rp. 22,600

Menu Ala Carte :
Bubur Ayam    Rp. 5,500
Cheeseburger    Rp. 16,500
Double Cheeseburger    Rp. 22,800
Beef Prosperity Burger    Rp. 22,800
Bigmac    Rp. 22,800
Fillet-O-Fish    Rp. 19,600
McChicken Burger    Rp. 19,600
Spicy Chicken Burger    Rp. 8,800
Gourmet Wrap    Rp. 19,800
Super Size Rice    Rp. 5,200
Soup    Rp. 5,500
Spaghetty    Rp. 5,500
Tripple CheersBurger    Rp. 29,700
McNugets McNuggets 6 Pcs    Rp. 16,500
McNugets 9 Pcs    Rp. 21,700

Drink :
Orange Juice    Rp. 11,000
COKE Regular    Rp. 5,500    Medium    Rp. 6,600    Large    Rp. 8,800
FANTA Regular    Rp. 5,500    Medium    Rp. 6,600    Large    Rp. 8,800
MILO Medium    Rp. 9,900    Regular    Rp. 6,600
SPRITE Regular    Rp. 5,500    Medium    Rp. 6,600    Large    Rp. 8,800

Dessert :
McFlurry Smarties    Rp. 5,500    Choco    Rp. 5,500
SUNDAE Chocolate    Rp. 5,500    Strawberry    Rp. 5,500    Sundae Green Field ( Kiwi & Nata Cryspy )    Rp. 7,700

Fries :
FRIES Regular    Rp. 5,500    Medium    Rp. 13,200    Large    Rp. 15,400    Supersize    Rp. 17,000

Penentuan harga ditetapkan dengan market price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut. Terdapat tiga macam penetapan harga (tier), yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan di mana restoran mcdonald's tersebut berada.

Lokasi yang digunakan untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan keluarga.

Keuntungan dari usaha franchising “McDonald’s” bagi pemilik

Keuntungan yang bisa diperoleh dari usah franchising, seperti tidak mulai dari nol semua sudah siap operasional.menghemat waktu persiapan usaha pengalaman dan pengetahuan usaha, track record usaha sudah terbukti berhasil, resiko kegagalan bisa diukur, keuntungan dari pembelian skala besar, dukungan dan pelatihan mengenai mutu produk dalam bentuk baku yang telah diuji pasar, daya tarik merek yang mudah mendapatkan pembeli.

Pada usaha McDonald’s total penjualan pada tahun 2008 mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun 2007 tetapi dari segi pendapatan di bidang waralaba mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mungkin disebabkan karena perusahaan memperluas strategi pemasaran dengan memberikan kekeluasaan di berbagai pihak untuk membeli waralaba perusahaan ini. Seperti kita tahu bahwa berbagai produk Mc. Donald telah banyak digandrungi oleh masyarakat dunia dari semua kalangan sehingga tetap menjadi industri yang mempunyai prospek yang bagus. Harga saham perusahaan ini juga mengalami peningkatan menunjukkan bahwa respon pasar sangat positif dan tidak banyak terpengaruh adanya krisis global karena seperti diketahui produk Mc Donald merupakan produk pangan yang telah menjadi makanan pokok di berbagai Negara. McDonald’s sendiri mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar enam persen pada April 2011 lalu. Kinerja penjualan yang positif dari McDonalds shakes, kopi dan menu sarapan mendongkrak kinerja restoran cepat saji ini. McDonald's Indonesia, yang dioperasikan oleh PT Rekso Nasional Food menargetkan pertumbuhan laba hingga 15 persen pada 2011 ini. Direktur Operasi dan Training Rekso Nasional Koko Hadiono menjelaskan jika pertumbuhan kinerja keuangannya tersebut seiring dengan penambahan jumlah gerainya yang juga berkisar antara 10-15 persen. Di tahun 2010 laba dan pendapatan melonjak lebih dari sepuluh persen.

Dampak positif & negative dari franchising bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Dampak positif terhadap perekonomian Indonesia seperti, penciptaan lapangan pekerjaan baru yang dapat memberikan andil dalam mengatasi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan, serta dapat mendorong berkembangnya peluang usaha baru degan adanya spesialisasi dan modernisasi distribusi dan nilai tambah aktifitasi produk nasional.

Dampak negatif terhadap perekonomian Indonesia seperti, minat belanja masyarakat bertambah sehingga memacu pertumbuhan produk yang lebih bervariasi. Usaha franchising di Indonesia tidak hanya berasal dari dalam negeri, sebagian besar usaha tersebut berasal dari luar negeri. Hal tersebut mengakibatkan produk impor lebih mudah masuk ke Indonesia sehingga gerai yang sebelumnya 80% dipasok dari lokal mengurangi dan menggantinya dengan produk impor. Jika hal tersebut masih terjadi, nantinya Indonesia bisa terjebak menjadi pasar produk impor.


Sumber :

Tunjung Gumelar / 21209039 / 1Eb01

No comments:

Post a Comment