Wednesday, November 30, 2011

Tulisan 2 - Pengantar Bisnis


Salah Satu Franchising di Indonesia “McDonald’s”
1.      Franchising yang berhasil di Indonesia
Salah satu franchising yang cukup berhasil di Indonesia adalah McDonald’s yang lebih kita kenal dengan sebutan Mekdi. McDonald's merupakan perusahaan yang bergerak pada industri fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Restoran McDonald’s pertama di Indonesia terletak di Sarinah, Jakarta dan dibuka pada 23 Februari 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur McDonald's Indonesia. Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald's dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991, restoran McDonald's di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crew dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam 10 tahun ini dinilai sangat cepat. Sampai saat ini restoran McDonald's Indonesia telah berjumlah 109 restoran dengan jumlahkaryawan seluruhnya mencapai sekitar 8000 orang yang sebagian besar lulusan SLTA. 

Tujuan didirikannya McDonald’s Indonesia tidak berbeda dengan tujuan dari McDonald’s internasional, yaitu
        i.            Mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran
      ii.            Brand McDonald's menjangkau siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis
    iii.            McDonald's dapat menjadi tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia
    iv.            Restoran cepat saji dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial
      v.            Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam
    vi.            Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan
  vii.            Brand pada bisnis franchising yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan
 
Tapi ada perbedaan dari kebanyakan restoran McDonald’s di luar negeri, McDonald’s juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia.

Beberapa menu yang ditawarkan McDonald’s Indonesia, seperti :

Menu Mantap :
Beef Burger + Reg. Fries + Reg. Drink    Rp. 15.000
Crisp Chicken + Reg Drink / Reg LemonTea + Rice    Rp. 15.000
Hot Chicken + Reg Drink / Reg Lemon Tea + Rice    Rp. 15.000

Menu Panas :
Rice    Rp. 3,000
1 Crispy Chicken + M.Drink + Rice    Rp. 19,600
1 Crispy Chiken + Egg + Rice + Med Drink    Rp. 23,800
1 Hot Chicken + M.Drink + Egg + Rice    Rp. 23,800
1 Crispy Chicken + M.Drink + Egg + Soup + Rice    Rp. 28,400
1 Hot Chicken + M.Drink + Egg + Soup + Rice    Rp. 28,400
MY PANAS 1 Hot Chicken + M.Drink + Rice    Rp. 19,600

Menu PAHE :
Cheeseburger + M. Drink + M. Fries    Rp. 30,600
Mcchicken + M.Drink + M.Fries    Rp. 32,800
Fillet + M.Drink + M.Fries    Rp. 32,800
BigMac + M.Drink + M.Fries    Rp. 36,600
DoubleCheese + M.Drink + M.Fries    Rp. 35,900
6 Nugget + Med Fries + Med Drink    Rp. 30,800

Menu MY PAHE LARGE :
6 Nugget + Large Fries + Large Drink    Rp. 33,300
Cheeseburger + Large Fries + Large Drink    Rp. 33,100
McChicken + Large Fries + Large Drink    Rp. 35,300
Fillet O Fish + Large Fries + Large Drink    Rp. 35,300
Bigmac + Large Fries + Large Drink    Rp. 39,100
DoubleCheeseburger + Large Fries + Large Drink    Rp. 38,400
Tripple CheersBurger + Large Fries + large Drink    Rp. 44,500

Menu Happy Meal :
Happy Meal : Cheeseburger + R.Drink + Toy    Rp. 23,100
Happy Meal : 4 Nugget + R.Drink + Toy    Rp. 23,600
Happy Meal : 1 Crispy Chicken + R.Drink + Toy    Rp. 21,400
Happy Meal : Spaghetty + R.Drink + Toy    Rp. 20,800

Menu Paket Gourmet :
Gourmet Wrap + Med Drink + Med Fries    Rp. 33,000
Gourmet Wrap + Large Drink + Large Fries    Rp. 35,500

Menu Chicken McD 1 :
2 Crispy Chicken + Rice +M Drink    Rp. 28,600
2 Hot Chicken + Rice +M Drink    Rp. 28,600

Menu Chicken McD 2 :
2 Crispy Chicken + Large Fries + Large Drink    Rp. 37,900
2 Hot Chicken + Large Fries + Large Drink    Rp. 37,900
2 Crispy Chicken + M.Drink + M.Fries    Rp. 35,400
2 Hot Chicken + M.Drink + M.Fries    Rp. 35,400

Menu Chicken McD :
2 Hot Chicken    Rp. 22,600
2 Crispy Chicken    Rp. 22,600

Menu Ala Carte :
Bubur Ayam    Rp. 5,500
Cheeseburger    Rp. 16,500
Double Cheeseburger    Rp. 22,800
Beef Prosperity Burger    Rp. 22,800
Bigmac    Rp. 22,800
Fillet-O-Fish    Rp. 19,600
McChicken Burger    Rp. 19,600
Spicy Chicken Burger    Rp. 8,800
Gourmet Wrap    Rp. 19,800
Super Size Rice    Rp. 5,200
Soup    Rp. 5,500
Spaghetty    Rp. 5,500
Tripple CheersBurger    Rp. 29,700
McNugets McNuggets 6 Pcs    Rp. 16,500
McNugets 9 Pcs    Rp. 21,700

Drink :
Orange Juice    Rp. 11,000
COKE Regular    Rp. 5,500    Medium    Rp. 6,600    Large    Rp. 8,800
FANTA Regular    Rp. 5,500    Medium    Rp. 6,600    Large    Rp. 8,800
MILO Medium    Rp. 9,900    Regular    Rp. 6,600
SPRITE Regular    Rp. 5,500    Medium    Rp. 6,600    Large    Rp. 8,800

Dessert :
McFlurry Smarties    Rp. 5,500    Choco    Rp. 5,500
SUNDAE Chocolate    Rp. 5,500    Strawberry    Rp. 5,500    Sundae Green Field ( Kiwi & Nata Cryspy )    Rp. 7,700

Fries :
FRIES Regular    Rp. 5,500    Medium    Rp. 13,200    Large    Rp. 15,400    Supersize    Rp. 17,000

Penentuan harga ditetapkan dengan market price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut. Terdapat tiga macam penetapan harga (tier), yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan di mana restoran mcdonald's tersebut berada.

Lokasi yang digunakan untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu segmen kawula muda dan keluarga.

Keuntungan dari usaha franchising “McDonald’s” bagi pemilik

Keuntungan yang bisa diperoleh dari usah franchising, seperti tidak mulai dari nol semua sudah siap operasional.menghemat waktu persiapan usaha pengalaman dan pengetahuan usaha, track record usaha sudah terbukti berhasil, resiko kegagalan bisa diukur, keuntungan dari pembelian skala besar, dukungan dan pelatihan mengenai mutu produk dalam bentuk baku yang telah diuji pasar, daya tarik merek yang mudah mendapatkan pembeli.

Pada usaha McDonald’s total penjualan pada tahun 2008 mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun 2007 tetapi dari segi pendapatan di bidang waralaba mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mungkin disebabkan karena perusahaan memperluas strategi pemasaran dengan memberikan kekeluasaan di berbagai pihak untuk membeli waralaba perusahaan ini. Seperti kita tahu bahwa berbagai produk Mc. Donald telah banyak digandrungi oleh masyarakat dunia dari semua kalangan sehingga tetap menjadi industri yang mempunyai prospek yang bagus. Harga saham perusahaan ini juga mengalami peningkatan menunjukkan bahwa respon pasar sangat positif dan tidak banyak terpengaruh adanya krisis global karena seperti diketahui produk Mc Donald merupakan produk pangan yang telah menjadi makanan pokok di berbagai Negara. McDonald’s sendiri mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar enam persen pada April 2011 lalu. Kinerja penjualan yang positif dari McDonalds shakes, kopi dan menu sarapan mendongkrak kinerja restoran cepat saji ini. McDonald's Indonesia, yang dioperasikan oleh PT Rekso Nasional Food menargetkan pertumbuhan laba hingga 15 persen pada 2011 ini. Direktur Operasi dan Training Rekso Nasional Koko Hadiono menjelaskan jika pertumbuhan kinerja keuangannya tersebut seiring dengan penambahan jumlah gerainya yang juga berkisar antara 10-15 persen. Di tahun 2010 laba dan pendapatan melonjak lebih dari sepuluh persen.

Dampak positif & negative dari franchising bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Dampak positif terhadap perekonomian Indonesia seperti, penciptaan lapangan pekerjaan baru yang dapat memberikan andil dalam mengatasi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan, serta dapat mendorong berkembangnya peluang usaha baru degan adanya spesialisasi dan modernisasi distribusi dan nilai tambah aktifitasi produk nasional.

Dampak negatif terhadap perekonomian Indonesia seperti, minat belanja masyarakat bertambah sehingga memacu pertumbuhan produk yang lebih bervariasi. Usaha franchising di Indonesia tidak hanya berasal dari dalam negeri, sebagian besar usaha tersebut berasal dari luar negeri. Hal tersebut mengakibatkan produk impor lebih mudah masuk ke Indonesia sehingga gerai yang sebelumnya 80% dipasok dari lokal mengurangi dan menggantinya dengan produk impor. Jika hal tersebut masih terjadi, nantinya Indonesia bisa terjebak menjadi pasar produk impor.


Sumber :

Tunjung Gumelar / 21209039 / 1Eb01

Monday, November 28, 2011

Tulisan 5 Bahasa Indonesia 2


10 Peraturan Wajib Dalam Menabung

Ternyata menabung punya rule atau aturannya sendiri sama seperti kita menggunakan uang untuk belanja atau untuk keperluan lain. Menabung juga tidak boleh asal-asalan. Konsultan keuangan Ligwina Hananto punya peraturan dalam menabung. 

Peraturan pertama… mingguan atau bulanan
Kalau kita dapat uang saku harian, lebih baik minta uang saku mingguan atau bulanan untuk melatih kita mengatur uang. Jadi tidak sembarangan kita menghabiskan uang.

Peraturan kedua… amplop buat masing-masing pengeluaran
Sediakan amplop buat keperluan khusus kita. Misalnya amplop untuk uang jajan, hangout, ongkos ke kampus, dan sebagainya. Kalau kita dapat uang saku perbulan, langsung bagi uang tersebut ke amplop yang sudah kita sediakan. Jangan lupa, ada juga amplop yang untuk ditabung. 

Peraturan ketiga… selalu sisihkan untuk tabungan
Seperti yang tertulis di atas, jangan lupa harus ada amplop yang untuk ditabung. Jadi jangan cuma buat jalan-jalan atau jajan, tapi juga ada yang disisihkan untuk ditabung.

Peraturan keempat… ambil uang di ATM seminggu sekali
Kalau punya ATM jangan dibiasakan untuk sering-sering mengambil uang/tarik tunai. Cukup seminggu sekali aja kalu benar-benar butuh. Lebih bagus lagi sebenarnya kalau tidak perlu-perlu amat, tidak perlu mengambil uang di ATM. Cukup gunakan uang saku mingguan/bulanan.

Peraturan kelima…  buat catatan pengeluaran
Uang yang kita dapat dari orang tua, yang sudah kita gunakan sebaiknya dicatat dicatatan keuangan pribadi. Jadi kita tau uang yang keluar masuk untuk apa. 

Peraturan keenam… ukur kemampuan kita
Harus tau bagaimana kemampuan kita pribadi. Misalnya saja, kita bisa membeli sepatu zara, tapi menyengsarakan kita selama sebulan, berarti itu memaksakan. 

Peraturan ketujuh… tahu tujuan menabung
Kita menabung pasti ada tujuannya, tidak hanya sekedar ditabung. Kita akan sangat bersemangat menabung kalau tujuannya untuk kesenangan kita sendiri. Misalnya saja, kita ingin membeli sepatu ZARA seharga Rp 600.000, berarti kita harus menghitung target untuk ditabung. Misalnya, 3 bulan target menabung, berarti Rp 600.000/3bln= Rp200.000perbulan. 

Peraturan kedelapan… cari uang tambahan
Saat kita tau barang yang ingin kita beli melebihi kapasitas uang saku kita, jangan lansung putus asa. Masih ada cara lain, yaitu cari uang tambahan. Bisa dimulai dari dalam rumah sendiri. Misalnya saja, meminta kerja part time pada orang tua, pekerjaan yang biasa dikerjakan pembantu kita ambil alih untuk kerja part time itu. 

Peraturan kesembilan… tiap dapat uang harus sisa
Jika kita mendapatkan uang (di luar uang jajan kita), jangan pernah langsung menghabiskannya, sebisa mungkin kita sisihkan untuk kita tabung. 

Peraturan kesepuluh… menabung di bank
Yang paling aman jika ingin menabung, ya hanya di bank. Minimal kalau kita menabung di bank, bisa meminimalisir uang yang kita pakai, karena sisanya sudah kita tabung di bank.

Mau info lebih lanjut tentang tips-tips mengatur keuangan, kunjungi www.tujuanloapa.com
Selamat menabung!!!

Sumber : kaWanku magazine 54. 26 Agustus-9 September 2009

Tulisan 4 Bahasa Indonesia 2


Restoran The Clink
Ada yang pernah dengar tentang restoran di inggris The Clink?
Restoran keren ini ternyata bertempat di Penjara Tinggi Her Majesty Down di Sutton, Surrey. Restoran yang berlokasi di penjara ini sebenarnya untuk bisa untuk peluang para tahanan belajar tentang industry perhotelan. Para tahanan bisa belajar mempersiapkan makanan, pelayanan makanan dan kualifikasi membersihkan serta pengalaman berbisnis dan menarik operasional di bidang perhotelan. Para tahanan juga bisa mendapatkan makanan berupa lauk pauk utama dan makanan penutup yang dijual sekitar enam pundsterling tapi harus memesan terlebih dahulu dan mendapat ijin dari petugas penjaga. Semua pegawai dapur, juru masak, dan pelayan di restoran The Clink adalah para tahanan. Restoran ini bisa menampung 85 pengunjung. Pada tahun 2010 sudah 38 tahanan yang dilatih di restoran The Clink.
Menu di restoran The Clink, dirancang dengan hati-hati oleh Al Crisci. Pengunjung ditawarkan sebuah array, makanan kontemporer Inggris yang bahan-bahannya dari sayuran dari pertanian terdekat yang masih segar, bahan-bahan kreatif dan sumber local sedapat mungkin, dan produk musiman. Restoran The Clink menawarkan sarapan Senin-Jumat pada pukul 06.00-09.30 dan maka siang sampai tengah hari pukul 14.00.
Beberapa menu di restoran The Clink
LUNCH MENU
STARTER
Homemade soup of the day
disajikan dengan roti sourdough served with sourdough bread £3.95

Pan fried chicken livers
dengan daging asap dan selada air with smoked bacon and watercress £ 3,95

Warm Cheddar tart
dengan nikmat dan salad bawang daun dandelion with onion relish and dandelion leaf salad
£ 4,50

Salad bar starter £ 3,95


MAIN COURSE

Grilled lemon sole fillets
dengan mentega dan saus lemon kemangi, sayuran panggang dan kentang baru with lemon butter and basil sauce, roast vegetables and new potatoes £ 8,95

Braised rolled and stuffed beef brisket and ox cheeks in red wine
dengan kue kentang tumbuk manis, chestnut dan mentega kacang hijau with mashed sweet potato cake, chestnuts and buttered green beans £ 8,25

Homemade crab ravioli
melemparkan mentega dengan lemon segar, tomat dan daun concasse kemangi tossed in butter with fresh lemons, tomato concasse and basil leaves £ 8,95

Slow cooked shoulder of mutton
dengan saus mint segar dengan kentang chateau dan kaki daging domba direbus dengan wortel with fresh mint sauce with château potatoes and boiled leg of mutton with carrots £ 8,25

DESSERT
Homemade ice cream
meminta pelayan untuk rasa kami ask your waiter for our flavours £ 4,50

Extra scoop of ice cream £ 1,50

A celebration of English strawberries
trio makanan penutup strawberry a trio of strawberry desserts £ 4,95

Rich chocolate and cherry flan
creme fraiche disajikan dengan served with crème fraîche £ 4,50


Info lebih lanjut mengenai restoran The Clink, klik http://www.theclinkcharity.com/





Tugas 3 Bahasa Indonesia 2


Artikel 1
Pengusaha rental banjir rezeki
BANDUNG (Pos Kota) – Puluhan pengusaha rental mobil di wilayah Bandung banjir rezeki. Mulai H-7 hingga H+7 kendaraan mereka sudah dipesan konsumen yang akan mudik ke kampung halamannya.
            “Kami memiliki 20 mobil, semuanya ludes diambil permudik,” kata pengusaha rental A. Setia , yang membuka usahanya di Ujungberung, Bandung Tumur, Sabtu (20/8).
            Dia mengakui, berdasarkan hasil survey ke setiap rental, kendaraan yang irit bahan bakar dan nyaman rata-rata sudah dibooking konsumen mulai H-7 hingga H+7. “Harga rental mengalami kenaikan sedikit dibanding harga normal.”
            Hal sama dialami Adang, 40, pengusaha rental di daerah Cibiru Bandung. Dalam Lebaran ini dia mengaku penen raya karena belasan kendaraan yang irit BBM semuanya sudah dibooking.(dono/rf/o)

Sumber : Pos Kota Harian Independen Minggu, 21 Agustus 2011

Komentar :
Pada judul, sudah jelas terlihat ada kesalahan. Pada judul seharusnya menggunakan huruf kapital di awal kata, tapi kenyataannya tidak.
Dilihat dari bahasanya, sudah mengacu pada EYD. Tapi masih ada beberapa kata yang salah yang diketik, seperti penulisan Bandung Tumur, itu seharusnya Bandung Timur. Lalu ada penulisan penen raya, yang seharusnya panen raya. Ada juga penulisan permudik, yang seharusnya adalah pemudik. Kesalahan-kesalahan kecil yang tadi disebutkan seharusnya tidak perlu ada di setiap Koran ibu kota.
Dari kalimatnya, sudah bisa dikatakan benar. Hanya saja pada artikel di atas, menyisipkan kata asing seperti booking. Harusnya setiap kata asing ditandai dengan tulisan miring.

Artikel 2
Gara-gara Bellagio, Jakarta "Mendunia"
KOMPAS.com - Sejumlah media asing ikut memberitakan penjualan diskon Blackberry Bellagio yang ricuh pada Jumat (25/11/2011). Jakarta yang menjadi lokasi penjualan perdana Blackberry 9790 (Bellagio) makin "dikenal" masyarakat dunia.
RIM sengaja memilih lokasi Jakarta sebagai tempat peluncuran Blackberry Bellagio pertama di dunia. Seminggu setelah peluncuran khusus bagi media, RIM juga sudah membuat geger karena membagikan Blackberry Bellagio kepada seluruh undangan secara gratis. Sepekan kemudian, RIM kembali membuat gempar dengan menyediakan Blackberry Bellagio yang didiskon 50 persen kepada 1000 orang pembeli pertama.
Seperti dikutip Slashgear, RIM sukses membuat Blackberry begitu populer bagi masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta gara-gara diskon besar ini. Masyarakat tumpah ruah untuk mengantri dan sempat ada pembeli yang cedera serta pingsan. Sekitar 200 anggota polisi dan mobil ambulans pun ikut berjaga-jaga mengamankan penjualan ponsel tersebut.
Media Phonesreview di Inggris menulis penjualan ponsel Blackberry di seluruh dunia mengalami penurunan. Namun, penjualan ponsel tersebut di Indonesia justru mengalami kenaikan.
Selain itu, media tersebut menulis masyarakat di negara lain sudah berpindah membeli iPhone dan ponsel Android, tapi Indonesia ternyata masih menjadi pasar terbesar bagi penjualan Blackberry. Bahkan, Indonesia mendapat julukan "Blackberry Nation".


Komentar :
Dari judul, sudah benar. Penulisannya menggunakan huruf kapital di awal kata. Kalimat yang tidak biasa seperti geger ditulis dengan tulisan miring. Penulisan untuk media juga menggunakan tulisan miring.
Kalimat dan kosa kata yang digunakan juga benar. Kalimat logis dan mudah dipahami oleh pembaca.  


Kesimpulan :
Dari 2 artikel yang diulas kosa katanya, kalimatnya, dan penggunaan EYD, artikel 2, dari Kompas.com lebih menunjukkan penulisan yang benar. Dari penulisan judul hingga akhir artikel. Artikel dari Kompas.com ini lebih baik ketimbang artikel dari Harian Pos Kota.