Artikel 1
Pengusaha rental banjir rezeki
BANDUNG (Pos Kota) – Puluhan pengusaha rental mobil di wilayah Bandung banjir rezeki. Mulai H-7 hingga H+7 kendaraan mereka sudah dipesan konsumen yang akan mudik ke kampung halamannya.
“Kami memiliki 20 mobil, semuanya ludes diambil permudik,” kata pengusaha rental A. Setia , yang membuka usahanya di Ujungberung, Bandung Tumur, Sabtu (20/8).
Dia mengakui, berdasarkan hasil survey ke setiap rental, kendaraan yang irit bahan bakar dan nyaman rata-rata sudah dibooking konsumen mulai H-7 hingga H+7. “Harga rental mengalami kenaikan sedikit dibanding harga normal.”
Hal sama dialami Adang, 40, pengusaha rental di daerah Cibiru Bandung. Dalam Lebaran ini dia mengaku penen raya karena belasan kendaraan yang irit BBM semuanya sudah dibooking.(dono/rf/o)
Sumber : Pos Kota Harian Independen Minggu, 21 Agustus 2011
Komentar :
Pada judul, sudah jelas terlihat ada kesalahan. Pada judul seharusnya menggunakan huruf kapital di awal kata, tapi kenyataannya tidak.
Dilihat dari bahasanya, sudah mengacu pada EYD. Tapi masih ada beberapa kata yang salah yang diketik, seperti penulisan Bandung Tumur, itu seharusnya Bandung Timur. Lalu ada penulisan penen raya, yang seharusnya panen raya. Ada juga penulisan permudik, yang seharusnya adalah pemudik. Kesalahan-kesalahan kecil yang tadi disebutkan seharusnya tidak perlu ada di setiap Koran ibu kota.
Dari kalimatnya, sudah bisa dikatakan benar. Hanya saja pada artikel di atas, menyisipkan kata asing seperti booking. Harusnya setiap kata asing ditandai dengan tulisan miring.
Artikel 2
Gara-gara Bellagio, Jakarta "Mendunia"
KOMPAS.com - Sejumlah media asing ikut memberitakan penjualan diskon Blackberry Bellagio yang ricuh pada Jumat (25/11/2011). Jakarta yang menjadi lokasi penjualan perdana Blackberry 9790 (Bellagio) makin "dikenal" masyarakat dunia.
RIM sengaja memilih lokasi Jakarta sebagai tempat peluncuran Blackberry Bellagio pertama di dunia. Seminggu setelah peluncuran khusus bagi media, RIM juga sudah membuat geger karena membagikan Blackberry Bellagio kepada seluruh undangan secara gratis. Sepekan kemudian, RIM kembali membuat gempar dengan menyediakan Blackberry Bellagio yang didiskon 50 persen kepada 1000 orang pembeli pertama.
Seperti dikutip Slashgear, RIM sukses membuat Blackberry begitu populer bagi masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta gara-gara diskon besar ini. Masyarakat tumpah ruah untuk mengantri dan sempat ada pembeli yang cedera serta pingsan. Sekitar 200 anggota polisi dan mobil ambulans pun ikut berjaga-jaga mengamankan penjualan ponsel tersebut.
Media Phonesreview di Inggris menulis penjualan ponsel Blackberry di seluruh dunia mengalami penurunan. Namun, penjualan ponsel tersebut di Indonesia justru mengalami kenaikan.
Selain itu, media tersebut menulis masyarakat di negara lain sudah berpindah membeli iPhone dan ponsel Android, tapi Indonesia ternyata masih menjadi pasar terbesar bagi penjualan Blackberry. Bahkan, Indonesia mendapat julukan "Blackberry Nation".
Sumber :
Komentar :
Dari judul, sudah benar. Penulisannya menggunakan huruf kapital di awal kata. Kalimat yang tidak biasa seperti geger ditulis dengan tulisan miring. Penulisan untuk media juga menggunakan tulisan miring.
Kalimat dan kosa kata yang digunakan juga benar. Kalimat logis dan mudah dipahami oleh pembaca.
Kesimpulan :
Dari 2 artikel yang diulas kosa katanya, kalimatnya, dan penggunaan EYD, artikel 2, dari Kompas.com lebih menunjukkan penulisan yang benar. Dari penulisan judul hingga akhir artikel. Artikel dari Kompas.com ini lebih baik ketimbang artikel dari Harian Pos Kota.
No comments:
Post a Comment